Minggu, 14 Juni 2015

Pembibitan Kelapa Sawit

Pembibitan merupakan langkah awal dari seluruh rangkaian kegiatan budidaya tanaman kelapa sawit. Pembibitan diperlukan karena tanaman kelapa sawit memerlukan perhatian yang tetap  dan terus – menerus  pada umur 1 – 1,5 tahun pertama. Selain itu, alasan lain diperlukan pembibitan adalah karena keadaan kecambah kelapa sawit yang mudah diserang insekta, tikus dan hama lain; bahan tanaman memerlukan ketegakan habitus-nya agar tidak miring ataupun roboh dan pembibitan diperlukan untuk memperpendek  waktu antara persiapan lapangan dan penanaman pertama sehingga begitu lahan siap tanam bibit sudah siap untuk ditanam (Pahan, 2008).

Bibit Kelapa Sawit
Pada umumnya tanaman kelapa sawit di Indonesia berasal dari bibit yang dikembangkan dengan cara generatife yaitu dari biji. Bibit yang unggul merupakan modal dasar untuk mencapai produktivitas yang tinggi. Pembibitan kalapa sawit merupakan titik awal yang paling menentukan masa depan pertumbuhan kelapa sawit di lapangan. Ada 2 tahap pembibitan yang harus dilakukan yaitu pembibitan awal pre nursery dan pembibitan utama main nursery. Pembibitan awal pre nursery terutama bertujuan untuk memperoleh pertumbuhan bibit yang merata. Pre nursery dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu dalam bentuk bedengan atau polybeg. Cara pembibitan polybag lebih menguntungkan dibandingkan di bedengan, pembibitan di polybag lebih mudah pemantauannya dalam areal sempit sehingga pemeliharaan akan terlaksana dengan baik. Pembibitan di lapangan yang berjauhan akan menyulitkan dalam pemeliharaan sehingga lebih banyak mengeluarkan biaya dan waktu (Lubis dan Widanarko, 2011).
Katagori : kelapa sawit adalah,kelapa sawit aceh,kelapa sawit afrika,kelapa sawit antara lain digunakan untuk,kelapa sawit adalah pdf,kelapa sawit adalah bahan baku industri,minyak kelapa sawit adalah,kelapa sawit pt astra,artikel kelapa sawit,asal kelapa sawit,kelapa sawit berasal dari daerah mana,kelapa sawit banyak dihasilkan dari pulau,kelapa sawit berbuah pada umur,kelapa sawit bahasa latin,kelapa sawit bisa dibuat apa saja,kelapa sawit buah pasir,kelapa sawit bps,kelapa sawit banten,kelapa sawit buat apa,kelapa sawit berbuah lebat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar